BIMTEKS Pembelajaran Mendalam, Bagi Guru SMAN 2 Muara Enim

Indonesia menghadapi berbagai tantangan, baik pada saat ini maupun saat masa depan, yang tidak pasti, tidak menentu, kompleks, dan sulit diprediksi. Tantangan tersebut hanya dapat dijawab melalui transformasi serta kolaborasi pendidikan dalam rangka mewujudkan pendidikan bermutu dan merata untuk semua. Tantangan internal pendidikan Indonesia terletak pada krisis pembelajaran yang berdampak pada menurunnya kualitas pembelajaran meskipun akses pendidikan dasar dan menengah sudah cukup baik. Pendekatan pembelajaran yang tidak efektif berdampak pada rendahnya kemampuan literasi membaca dan numerasi peserta didik Indonesia,. Literasi dan numerasi yang masih rendah terjadi karena terdapat kesenjangan efektivitas pembelajaran di sekolah yang belum memberi kesempatan luas kepada guru untuk mengembangkan kreativitas dan keterampilan berpikir kritis peserta didik.
Tantangan lain yaitu kompetensi guru yang masih harus ditingkatkan agar guru memiliki pola pikir yang bertumbuh. Selain itu, beban kerja guru yang sangat berat dan lebih banyak berkaitan dengan tugas administratif mengurangi fokus mereka pada peran utama sebagai pendidik.
Untuk menghadapi tantangan itu, sistem pendidikan nasional Indonesia perlu ditransformasi secara terstruktur, sistemik dan masif. Melanjutkan praktik pembelajaran seperti saat ini akan sulit meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, transformasi pendidikan merupakan keharusan yang tidak bisa ditunda lebih lama lagi, atau sangat kritis dan sangat urgen. Berdasar praktik di berbagai negara, transformasi pendidikan nasional yang efektifdimulai dari transformasi pembelajaran di setiap ruang kelas.
Salah satu konsep yang di tawarkan yakni pembelajaran mendalam dirancang sebagai pendekatan yang mampu menjawab tantangan krisis pembelajaran dan kebutuhan pembelajaran abad ke-21. Pendekatan ini bertujuan untuk mendorong pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi, penerapan pengetahuan dalam konteks dunia nyata, serta pembelajaran yang berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan.
Penerapan pembelajaran mendalam pada setiap jenjang pendidikan perlu didukung oleh ekosistem pembelajaran yang kondusif, kemitraan pembelajaran yang luas dan bermakna, dan pemanfaatan teknologi digital yang efektif agar terwujud belajar penuh kesadaran dan perhatian, bermakna dan relevan, serta belajar dengan gembira, antusias dan semangat. Hal ini lah yang menjadi dasar dilaksanakannya BIMTEK bagi guru-guru di SMA Negeri 2 Muara Enim, hal ini disampaikan langsung oleh kepala satuan pendidikan SMA Negeri 2 Muara Enim bu Herlina, S.Pd.,M.Si dalam pembukaan BIMTEK Pembelajaran mendalam yang mana langsung di damping oleh Waka Kurikulum bu Eva Sustinawaty, S.Pd, M.M serta bapak Dr. Giyono, S.Pd.,M.Pd.Si sebagai pemateri sekaligus guru di SMA Negeri 2 Muara Enim. Semoga dengan kegiatan BIMTEK ini seluruh guru di SMA Negeri 2 Muara Enim dapat memahami pembelajaran mendalam sebagai pendekatan yang memuliakan dengan menekankan pada penciptaan suasana belajar dan proses pembelajaran berkesadaran, bermakna, dan menggembirakan melalui olah pikir, olah hati, olah rasa, dan olah raga secara holistik dan terpadu serta dapat diaplikasi sewaktu guru beriteraksi dengan peserta didik secara komfrehensif dengan baik kedepannya.


Artikel Terpopuler
-
-
-
Informasi Hasil PPDB SMAN 2 Muara Enim 6452 Hits 2024-05-31 09:16:09
-
Info PPDB SMAN 2 Muara Enim 5178 Hits 2021-02-18 21:07:35
-
Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2021/2022 3867 Hits 2021-02-16 14:30:09